Senin, 12 September 2011

Tarian Tradisional Persia

Rate This
Tari Persia mengacu pada jenis menari dari Iran. tari Persia sangat sensual, melingkar dan lambat yang membuatnya menjadi tarian yang unik ke Iran antara semua bentuk lain tari Timur Tengah. tari Persia hampir seluruhnya dilakukan untuk 6 \ 8 tanda tangan waktu dan merupakan satu-satunya tarian yang dilakukan dan diketahui oleh semua orang Iran terlepas dari etnis, tari itu sendiri sangat individualistis dan juga sangat bergantung pada kinerja improvisasi solo seperti semua bentuk seni lainnya Iran seperti musik, dll
tarian Iran lainnya termasuk tarian rakyat daerah yang selalu dilakukan dalam pengaturan grup tarian dimana laki-laki dan perempuan dilakukan dalam pengaturan ensemble group berbasis.

Biasanya dalam tarian Persia gerakan tubuh bagian atas sangat ditekankan, dengan gerakan tangan, undulations pinggul dan ekspresi wajah menjadi titik perhatian. Meskipun sering dibandingkan dengan tarian Arab, tari Persia sebenarnya sangat berbeda, karena gerakan tangan yang tanda tangan, lambat dan gerakan pinggul sensual melingkar yang bertentangan dengan gerakan pinggul cepat digunakan dalam tari perut. Sebagai penguasa Muslim di pengadilan Mughal mengundang banyak penari Persia selama pemerintahan mereka dari anak benua India, beberapa elemen tari Persia yang diserap ke dalam Kathak, gaya tari klasik India Utara.
Seringkali, tari Persia akan dilakukan pada pertemuan relatif informal, seperti pertemuan keluarga, di mana setiap orang akan duduk dalam sebuah lingkaran (terutama pada karpet) dan pasangan akan menari di tengah, kadang-kadang disertai dengan denyut bermain drumer Persia. Tari Persia juga digunakan secara lebih formal pada berbagai kegiatan sosial, seperti pernikahan.
tari Persia muncul dalam budaya pop Amerika di film tahun 2004 Alexander dilakukan oleh Bagoas kasim pada upacara di mana Clietus meninggal.
Iran juga tari Bandari, terutama di Selatan dan tari perut sendiri Raqs Sharqi.
Di antara yang paling menonjol ansambel tari rakyat daerah Iran Afsaneh Ballet. Di antara penari terkenal adalah Jamilah, Azar Shiva, Foroozan, Farzaneh Kaboli, Mohammad Khordadian.
Gaya Tarian:
  Karam Baba:  tari Persia laki-laki yang kini juga dilakukan oleh perempuan, tarian yang berasal dari cerita sufi dimana seorang hamba di istana raja jatuh cinta dengan salah satu gadis harem dan menyanyikan lagu ini keluar dari kesedihan tidak bisa bersamanya.
   Bandari: Suatu jenis tarian cepat dengan musik energik. Tarian ini adalah khusus untuk kota-kota di selatan Iran.
Bojnurdi tari
     Persia Klasik pengadilan tari
     Haji Naranji tari
     Kereshmeh
     Khaliji Tari
     Kharman tari
     Khorasani tari
     Latar tari
     Lezgi tari
     Luri
     Matmati
     Mazandarani
     Motrebi tari
     Qasemabadi Sebuah tarian lokal untuk utara (wilayah Kaspia) Iran. Perempuan melakukan tarian biasanya memakai kostum khusus yang terdiri dari rok panjang berwarna-warni bengkak, celana hitam, syal putih, dan rompi hitam. Penari menunjukkan budidaya padi.
     Raqs-e Choobbazi
     Raqs-e Parcheh
     Ru-Howzi
     Shamshir tari
     Shateri tari
     Tehrani tari (Tehrooni)
     Vahishta
     Zaboli tari
     Zargari tari
 
http://banuaw.wordpress.com/2011/04/17/tarian-tradisional-persia/
 
 

1 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    agen tiket murah

    BalasHapus